Tips Berlibur ke Jogja Menggunakan Kereta Dari Jakarta

by , under Tips, Travelling

Jogjakarta merupakan salah satu kota di Indonesia yang terkenal akan tempat pariwisatanya. Disini anda bisa menemukan wisata lengkap mulai dari wisata alam, wisata air, wisata buatan hingga wisata budaya dan kuliner. Banyaknya wisata tentu mengundang wisatawan untuk datang berkunjung. Tidak hanya dari sekitar Jogja namun ada juga wisatawan dari luar kota seperti halnya jakarta.

Liburan ke Jogja dari Jakarta, dapat memanfaatkan transportasi berupa kereta api untuk sampai ketujuan. Jika memang tertarik menggunakan kereta api, maka tidak ada salahnya jika anda mengikuti tips liburan ke Jogja naik kereta yang berikut ini.

1. Tentukan ingin memilih kereta jenis apa

Hal paling awal yang harus dilakukan adalah dengan menentukan jenis kereta yang akan dinaiki. Ada beberapa kereta api yang terdiri dari kelas-kelas berbeda seperti kelas eksekutif, bisnis serta ekonomi. Pemilihan kelas kereta dapat disesuaikan dengan budget yang anda miliki. Jangan sampai anda mengeluarkan banyak budget untuk kereta, sedangkan budget untuk jalan-jalan justru banyak berkurang.

candi prambanan

candi prambanan

Sebelum menentukan kelas kereta yang akan dinaiki, tidak ada salahnya anda mengenal terlebih dahulu perbedaan kereta berdasarkan kelasnya.

  • Kelas ekonomi merupakan kereta dengan tingkat kenyamanan paling bawah. Kereta ini biasanya disertai kursi tanpa sekat pada jenis kursi yang panjang. Adapun duduknya adalah saling berhadapan. Tidak heran jika kemudian lutut bisa saling adu dengan penumpang yang lain. Sandaran kursinya cukup tegak namun tidak dapat dirubah posisi sehingga cenderung membuat pegal.
  • Kelas bisnis merupakan kereta yang lebih baik dari kelas ekonomi. Di kereta ini kursinya menghadap ke depan semua. Selain itu ruang untuk kaki di depan juga cukup luas sehingga lebih leluasa. Sandaran kursinya mencapai sudut 100 derajat sehingga dapat digunakan untuk sedikit rebahan.
  • Kelas eksekutif merupakan kereta yang banyak dipilih oleh mereka dengan budget berlebih. Kelas ini merupakan kelas kereta terbaik mengingat harganya yang juga cukup mahal. Adapun formasi kereta adalah kursi selanjutnya lorong dan dua kursi lagi.

Sudut sandaran kursi terbilang nyaman karena dapat diatur sesuka hati. Ada pula ruang kaki di bagian depan yang membuat penumpang lebih leluasa dalam bergerak.

Penumpang akan diberi selimut gratis sehinga dapat digunakan untuk melawan dinginnya AC terlebih saat malam hari. Adapula televisi di bagian depan serta bagian tengah gerbong.

Setelah memutuskan ingin menggunakan jenis kereta apa, anda bisa membeli tiket resminya di PT KAI atau dapat pula secara online melalui agen-agen travel yang kini banyak ditemukan.

2. Tentukan destinasi wisata

Ada banyak sekali lokasi wisata di Jogja yang bisa anda coba. Beberapa lokasi tersebut dapat anda masukkan sebagai daftar paket wisata Jogja yang dapat dikunjungi selama liburan.

Beberapa wisata seru dan menarik di Jogja cukup beragam mulai dari Kalibiru, air terjun Grojogan Sewu, Taman Pintar, Museum Dirgantara, Jogja Bay Adventure dan lain-lain.

Untuk bisa menikmati semua wisata yang ada, tentu tidak cukup dilakukan dalam semalam. Pastikan anda membawa budget yang berlebih agar bisa puas menjelajahi kota Jogja.

3. Pilih transportasi anda

Bagi anda yang melakukan perjalanan menggunakan kereta api, anda tidak perlu khawatir karena ada banyak sekali transportasi lanjutan yang dapat ditemui di Jogja. Salah satunya adalah bus Trans Jogja. Anda hanya membutuhkan uang sekitar Rp 3.600 untuk menaikinya. Selain itu, anda juga bisa mencari sewa motor jogja atau rental mobil jogja setibanya di lokasi.

Ada beberapa penyewaan yang menyediakan fasilitas antar jemput sepeda motor sehingga tidak perlu menjemput sendiri kendaraan sewaan anda.

Meski berasal dari kota yang jauh sekalipun, anda tetap bisa menikmati indahnya kota Jogja melalui transportasi udara maupun darat seperti halnya kereta dan bus.